Website ini difungsikan untuk berbagi informasi. Silahkan setiap sekolah mengirimkan "LAPORAN NARASI" Prokernya melalui via Email: jumbara.pmi.surabaya@gmail.com | jangan lupa bagi yang ingin mengadakan orientasi bisa menghubungi pihak PMI langsung via Contact us

Kamis, 19 Juni 2014

Kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Kota Surabaya yang diberangkatkan ke even Jumbara (Jumpa Bhakti Gembira) PMR Jawa Timur Ke-VIII di Kabupaten Jember ditargetkan minimal menempati rangking 2 di Jawa Timur. 

PMI (Palang Merah Indonesia) melepas 34 orang kontingen PMR, yang terdiri dari 34 peserta tingkatan Pemula/SD, Madya/SMP dan Wira/SMA di Halaman Depan Kantor PMI Surabaya. 

Sebab, dalam even Jumbara Ke-VII di Malang 4 Tahun lalu, kontingen PMR Kota Surabaya hanya mendapati juara 1 Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) namun tidak memperoleh peringkat besar Jawa Timur, kata Acil Larasati selaku peserta Tim Jumbara Surabaya tahun lalu, kamis (19/6/2014).

Imbuh Siti Choiriyah pendamping Tim Jumbara Surabaya menjelaskan, kegiatan Jumbara PMR Jatim ini, dilaksanakan sejak 18 Juni sampai 24 Juni di Lapangan Secata Rindam Kabupaten Jember. Kegiatan Jumbara diikuti oleh PMR di setiap tingkatan mulai tingkat Pemula/SD, Madya/SMP dan Wira/SMA.

Lomba yang digelar berupa keterampilan bersifat travelling, diantaranya kepalangmerahan, pertolongan pertama, ayo siaga bencana, kepemimpinan, kesehatan remaja, remaja sehat peduli sesama. Lombanya mengarahkan kepada mensosialisasikan terhadap materi yang dilombakan, sekaligus menerapkan secara tehnis materi yang diberikan. 

Contohnya, pertolongan pertama kepada korban dalam kondisi apapun. Ini diberikan dengan tujuan memberikanpembinaan kepada generasi muda, membantu pemerintah seperti kejadian bencana, papar Siti Choiriyah. 

Selain itu, dilombakan juga kegiatan non travelling diantaranya drama, puisi, kegiatan naskah akademis yang bersifat kemanusiaan, drama 7 prinsip kemanusiaan, kegiatan-kegiatan yang bersifat memberikan bantuan sosial atau bhakti sosial kepada masyarakat, pameran foto dan pameran unggulan masing-masing daerah.

Untuk menghadapi seluruh rangkaian lomba dalam even Jumbara Se-Jatim ini, kontingen PMR Surabaya telah di TC (training center---red) sejak sebulan lalu di Markas PMI Surabaya di Jl. sumatera no. 71. Kontingen terdiri dari juara Jumbara Kabupaten Surabaya. Setiap tim, baik Mula, Madya masing-masing terdiri dari 11 orang, kecuali Wira 12 orang dengan total berjumlah 34 orang, pungkas Siti Choiriyah. 

Sementara itu, saat melepas Kontingen Jumbara PMR Kota Surabaya di depan kantor PMI Surabaya, Ir. H. Tri Siswanto, MM. (dr Tri), wakil ketua 1 pengurus PMI Surabaya berpesan agar melalui kegiatan PMR diharapkan jiwa sosial kemanusian dikalangan remaja bisa ditumbuhkan. Sebab, PMR merupakan kegiatan positif dan dibutuhkan oleh para remaja di era globalisasi seperti saat ini.

Untuk itu, peran aktif dari berbagai pihak untuk mendukung kegiatan ini sangat dibutuhkan guna meminimalisir kegiatan negatif dikalangan remaja. PMI sebagai organisasi kemanusian bukan hanya melaksanakan tugas kemanusian saja akan tetapi dituntut untuk turut bertanggung jawab dalam pembinaan generasi muda, pungkas dia. (mak)
Categories:

1 komentar: